Jual Kurma Ajwa Kurma Nabi Asli Original Surabaya Sidoarjo


Jual Kurma Ajwa Kurma Nabi Asli Original Surabaya Sidoarjo
JAKARTA - SURABAYA - BANDUNG - Jual Kurma Ajwa Kurma Nabi Asli Original Surabaya Sidoarjo BEKASI - MEDAN - TANGERANG - Jual Kurma Ajwa Kurma Nabi Asli Original Surabaya Sidoarjo DEPOK - SEMARANG - PALEMBANG - Jual Kurma Ajwa Kurma Nabi Asli Original Surabaya Sidoarjo MAKASSAR - TANGERANG SELATAN - Jual Kurma Ajwa Kurma Nabi Asli Original Surabaya Sidoarjo BOGOR - BATAM - Jual Kurma Ajwa Kurma Nabi Asli Original Surabaya Sidoarjo PEKANBARU - BANDAR LAMPUNG - Jual Kurma Ajwa Kurma Nabi Asli Original Surabaya Sidoarjo MALANG - PADANG - DENPASAR - Jual Kurma Ajwa Kurma Nabi Asli Original Surabaya Sidoarjo SAMARINDA - BANJARMASIN - Jual Kurma Ajwa Kurma Nabi Asli Original Surabaya Sidoarjo TASIKMALAYA- PONTIANAK-CIMAHI - Jual Kurma Ajwa Kurma Nabi Asli Original Surabaya Sidoarjo BALIKPAPAN - JAMBI - SURAKARTA - Jual Kurma Ajwa Kurma Nabi Asli Original Surabaya Sidoarjo SOLO - SERANG - MATARAM - Jual Kurma Ajwa Kurma Nabi Asli Original Surabaya Sidoarjo MANADO - YOGYAKARTA - CILEGON - Jual Kurma Ajwa Kurma Nabi Asli Original Surabaya Sidoarjo KUPANG - PALU - AMBON - Jual Kurma Ajwa Kurma Nabi Asli Original Surabaya Sidoarjo SUKABUMI - CIREBON - BENGKULU - Jual Kurma Ajwa Kurma Nabi Asli Original Surabaya Sidoarjo PEKALONGAN - KEDIRI - MADIUN - Jual Kurma Ajwa Kurma Nabi Asli Original Surabaya Sidoarjo KENDARI - TEGAL - BINJAI - Jual Kurma Ajwa Kurma Nabi Asli Original Surabaya Sidoarjo PEMATANGSIANTAR - JAYAPURA - Jual Kurma Ajwa Kurma Nabi Asli Original Surabaya Sidoarjo BANDA ACEH - PALANGKARAYA - Jual Kurma Ajwa Kurma Nabi Asli Original Surabaya Sidoarjo PROBOLINGGO - BANJARBARU - Jual Kurma Ajwa Kurma Nabi Asli Original Surabaya Sidoarjo PASURUAN - TARAKAN - Jual Kurma Ajwa Kurma Nabi Asli Original Surabaya Sidoarjo TANJUNGPINANG - GORONTALO - DUMAI - Jual Kurma Ajwa Kurma Nabi Asli Original Surabaya Sidoarjo MADIUN - BATU - SALATIGA - PANGKAL PINANG - Jual Kurma Ajwa Kurma Nabi Asli Original Surabaya Sidoarjo LUBUKLINGGAU - Jual Kurma Ajwa Kurma Nabi Asli Original Surabaya Sidoarjo TERNATE - BITUNG - TANJUNGBALAI - Jual Kurma Ajwa Kurma Nabi Asli Original Surabaya Sidoarjo TEBINGTINGGI - METRO - BONTANG - Jual Kurma Ajwa Kurma Nabi Asli Original Surabaya Sidoarjo PADANG SIDEMPUAN - BLITAR - Jual Kurma Ajwa Kurma Nabi Asli Original Surabaya Sidoarjo LHOKSEUMAWE - SINGKAWANG - Jual Kurma Ajwa Kurma Nabi Asli Original Surabaya Sidoarjo PAREPARE- LANGSA - BANJAR - Jual Kurma Ajwa Kurma Nabi Asli Original Surabaya Sidoarjo PRABUMULIH - MOJOKERTO - Jual Kurma Ajwa Kurma Nabi Asli Original Surabaya Sidoarjo MAGELANG -  SORONG - PALOPO - BIMA - Jual Kurma Ajwa Kurma Nabi Asli Original Surabaya Sidoarjo BUKITTINGGI - BAUBAU - BUKIT TINGGI


Jual Kurma Ajwa Kurma Nabi Asli Original Surabaya Sidoarjo

Nama Produk : KURMA AJWA KURMA NABI

 

Isi Kemasan : 500 gr & 250 gr

 

Harga : Rp. 265.000,- (500 gr) & Rp. 135.000,- (250 gr)

 

Produksi : Multazam Madinah

 

Komposisi : Kurma 100 %

 

Setiap datangnya bulan suci Ramadhan, akan banyak kita jumpai berbagai makanan dan minuman yang sering muncul untuk dikonsumsi pada saat berpuasa nanti. Baik sebagai menu sahur, ataupun berbuka puasa.
Salah satu menu yang pasti kita temui adalah buah kurma. Pohon kurma adalah salah satu buah yang paling banyak disebut dalam Al Qur`an. Setidaknya, sebanyak dua puluh kali nama buah ini disebut. Lima belas ayat menyebutnya bersama dengan tumbuhan lainnya, sebagai karunia Allah bagi umat manusia.
Tapi tahukah Anda, mengapa kurma banyak disebut Al-Quran dan juga disukai Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wassallam.
Buah yang memiliki nama latin dactylifera phoenix ini, diyakini mempunyai segudang keistimewaan dan manfaat yang sangat baik untuk tubuh manusia. Hal ini tidak hanya dibuktikan secara ilmiah semata, tetapi juga telah termaktub dalam al-Qur’anul karim dan sabda Nabi Salallahu ‘alahi wassalam.
Seperti di antaranya dalam surat Ar-Ra'd ayat 4 dijelaskan;
“Di bumi itu ada buah-buahan dan pohon kurma yang memiliki kelomak mayang”. Juga ayat lain “Dan di bumi ini terdapat bagian-bagian yang berdampingan, dan kebun-kebun anggur, tanaman-tanaman dan pohon korma yang bercabang dan yang tidak bercabang, disirami dengan air yang sama. Kami melebihkan sebahagian yang lain tentang rasanya. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi kaum yang berfikir.” (Q.S Ar-Ra’d: 4)
Walaupun tidak disebutkan secara spesifik manfaat dari buah kurma, tetapi sungguh jika sesuatu terdapat dalam Al-Qur’an, maka pastilah ia merupakan sebuah kebenaran.
Lantas apa saja sebenarnya rahasia keistimewaan buah kurma yang bahkan keberadaannya disebutkan dalam al-Qur’an.
Berikut adalah 9 rahasia keistimewaan buah kurma:
1. Dapat Melindungi Tubuh dari Racun
Rasulullah Salallahu ‘alahi wassalam pernah bersabda; “Barang siapa yang memakan tujuh butir kurma, maka akan terlindungi dari racun”. Dan benar saja, dalam satu cerita dikisahkan ada seorang wanita yahudi yang melakukan percobaan pembunuhan kepada Rasulullah dengan menaruh racun dalam makanan Rasulullah pada Perang Khaibar. Ternyata racun yang tertelan oleh beliau bisa dinetralisir oleh zat-zat yang terkandung dalam kurma. Bisyir Ibnu al-Barra’, salah seorang sahabat yang juga ikut memakan racun tersebut akhirnya meninggal. Tetapi Rasulullah selamat.
2. Mengandung Zat Anti Kanker
Dalam sebuah penelitian di Mesir, ternyata penyakit kanker tidak menyebar ke daerah-daerah yang penduduknya banyak mengkonsumsi kurma. Dan belakangan terbukti bahwa itu dikarenakan kurma memiliki zat-zat yang bisa mematikan sel kanker. Sebagai mana diketahui, sebagian besar penduduk jazirah arab atau yang tinggal di daerah sahara dan oasis menjadikan kurma sebagai makanan pokok.
Kurma adalah salah satu makanan khas di Timur Tengah. Kaum Arab Badui, menjadikan kurma secara teratur. Menurut sebuah survei, prevalensi pengidap kanker dan sakit jantung pada Suku Baduwi sangat kecil dan paling rendah dibanding penduduk Arab lain.
3. Memiliki Kadar Gula yang Tinggi
Dalam hadits yang diriwayatkan oleh Abu Daud dan Tirmidzi, dikatakan dari Anas r.a, beliau berkata, “Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wassallam, berbuka puasa sebelum shalat dengan memakan kurma segar, kalau tidak ada maka dengan kurma kering, dan kalau tidak ada beliau meminum beberapa teguk air”.
Hal ini menjelaskan bahwa sebetulnya kurma mempunyai kandungan yang baik untuk mengembalikan energi tubuh setelah berpuasa. Dan benar saja, ternyata kurma adalah jenis makanan yang kaya akan glukosa, yang mampu menggantikan zat-zat gula yang kering setelah seharian berpuasa.
Dan hebatnya lagi, kenapa Rasulullah menganjurkan berbuka dengan kurma adalah bukan tanpa alasan. Ternyata setiap 100gram kurma segar mengandung 277 kalori yang diperoleh dari 58 persen karbohidrat. Dan karbohidrat yang terkandung dalam kurma pun berbentuk rantai pendek dan mudah larut dalam air yang fruktosa. Sehingga energi yang disediakan oleh kurma lebih cepat diserap oleh tubuh dibanding jika mengkonsumsi gula sukrosa seperti gula tebu.
4. Sebagai Sumber Protein
Kandungan total protein pada buah kurma mencapai 1.4-1.7gram/100gram kurma basah, jumlah ini diperkirakan sama dengan jumlah protein yang terdapat pada daging. Kandungan protein pada buah kurma akan mencapai puncaknya pada tahap kematangan kimri dan terus menurun seiring dengan derajat kematanan buah. Kandungan lain yang terkandung dalam kurma seperti Treonin, Lisin dan Isoleusin sebagai asam amino esensial bahkan jumlahnya mencapai ratusan kali lebih banyak dari yang terkandung dalam buah apel.
5. Mengandung Multivitamin Lengkap
Kandungan yang juga amat penting yang terdapat pada kurma adalah Kandungan pro Vitamin A (beta karoten) yang mencapai 89 mikro gram per 200 gram buah segar. Vitamin A juga berkhasiat untuk kesehatan mata, sehingga tak heran jika kebanyakan orang gurun rajin mengkomsumsi kurma untuk memperkuat pendengaran dan memfokuskan penglihatan. Selain itu kurma juga mengandung vitamin B kompleks, vitamin C dan vitamin K yang berfungsi sebagai anti oksidan.
6. Sumber Unsur Mineral
Buah kurma terbukti mengandung banyak unsur mineral yang baik untuk tubuh, seperti fosfor, kalsium, magnesium, besi, sodium, sulfur dan klorin. Sebagaimana fosfor dan kalsium berfungsi untuk membentuk tulang dan kesehatan gigi, fosfor juga berperan penting sebagai nutrisi otak. Besi sangat penting untuk aktivitas pembentukan hemoglobin dan zat darah merah sehingga mampu mencegah anemia.
7. Kaya Serat
Serat yang terkandung dalam kurma ternyata mampu mencegah penyerapan kolesterol LDL dalam usus. Kandungan serat dalam kurma juga mampu mencegah terjadinya kanker usus besar, dikarenakan serat berfungsi membantu melindungi selaput lendir usus dengan mengurangi paparan dan mengingat bahan kimia.
8. Sangat Baik Untuk Ibu Hamil dan Melahirkan
Dokter Muhammad an-Nasimi dalam kitabnya, ath-Thib an-Nabawy wal ‘Ilmil Hadis(Pengobatakan Ala Nabi dan Ilmu Modern) mengatakan bahwa perempuan hamil yang akan melahirkan sangat membutuhkan makanan dan minuman yang kaya akan unsur gula. Hal ini dikarenakan banyaknya kontraksi otot-otot rahim ketika akan mengeluarkan jabang bayi, terlebih lagi jika hal itu membutuhkan waktu yang lama.
Sehingga kandungan gula dan vitamin B1 sangat membantu untuk mengontrol laju gerak rahim dan menambah masa sistolennya, yaitu kontraksi jantung ketika darah dipompa ke pembuluh nadi. Dan kedua unsur itu banyak terkandung dalam kurma basah (ruthab). Kandungan gula dalam ruthab sangat mudah dan cepat dicerna oleh tubuh.
9. Memperlancar ASI dan Mengobati Kemandulan
Beberapa hormon yang terkandung dalam kurma juga berfungsi untuk menghambat aktivitas hormon kelenjar gondok atau glandula thyreoidea. Dan juga hormon pembangkit kelenjar susu, sehingga dapat memperlancar ASI. Serta sebut sari kurma juga dipercaya dapat mengobati kemandulan.
Jual Kurma Ajwa Kurma Nabi Asli Original Surabaya Sidoarjo1
Kurma Ajwa Kurma Nabi

Dari berbagai jenis kurma di dunia, ada satu jenis kurma yang paling populer dan paling diminati yaitu Kurma nabi atau kurma ajwa. Nama dari kurma nabi adalah kurma ajwa, di indonesia biasa menyebut kurma ajwa dengan kurma nabi atau kurma Rosul.
Jenis kurma ini selain rasanya yang enak juga karena khasiatnya yang banyak. Dan mengapa di sebut kurma nabi? Hal ini di karenakan dari latar belakang sejarah kurma ini. Dahulu Jenis kurma ini adalah jenis kurma yang ditanam langsung oleh oleh baginda Rasulallah SAW, dan sampai saat ini masih di budidayakan. Untuk itulah kenapa jenis kurma ini terkenal dengan sebutan kurma nabi atau kurma rosul.
Selain rasanya yang enak, Manfaatnya pun sangat banyak, salah satunya untuk ibu hamil dan menyusui. Hal ini berdasarkan peneliatian para ahli yang menyebutkan bahwa Hal ini pun di buktikan oleh para ahli medis, bahwa buah kurma kaya akan nutrisi seperti zat besi dan kalsium, yang mana nutrisi tersebut sangat berguna untuk membantu produksi asi serta menambah kandungan asi.
Selain itu, Buah kurma nabi sangat baik bila di konsumsi anak balita, Karena nutrisi dalam buah ini dapat merangsang pertumbuhan tubuh dan merangsang pertumbuhan tulang.
Itulah sebabnya mengapa Nabi kita Nabi Muhammad Saw menganjurkan untuk mengkonsumsi 7 butir kurma nabi setiap hari supaya kita terhindar dari berbagai jenis penyakit.
Kurma ajwa yang dijuluki kurma nabi ini adalah salah satu varian kurma yang sangat banyak diminati oleh masyarakat. Terlebih pada kalangan masyarakat yang mengerti akan manfaat dari kurma tersebut. bagi masyarakat Timur Tengah kurma ajwa bahkan menjadi santapan yang tak pernah terlewatkan setiap harinya.
Julukan kurma nabi pun tidak semata-mata diberikan kepada kurma ajwa. Namun berdasarkan kabar sejarah yang beredar, kurma ajwa menjadi salah satu makanan yang setiap hari dikonsumsi oleh nabi ketika berbuka puasa. Bahkan hadist yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim juga menginformasikan bahwa ketika seseorang mengkonsumsi 7 buah kurma diwaktu pagi, maka dia tidak akan mudah terkena racun dan juga terkena penyakit.
Lebih istimewa lagi ternyata buah kurma ajwa ini merupakan nama yang diberikan langsung oleh nabi. Semasa hidupnya, nabi dan juga sahabat memperjuangkan Islam agar dapat tersebar di seluruh dunia. Dan salah satu orang yang telah berhasil mengenal dan kemudian masuk Islam adalah seorang nasrani yang bernama ajwa.
Setelah masuk islam ajwa telah dengan ikhlas mewaqafkan lahan kurmanya untuk mendukung perjuangan nabi menyebarkan agama Islam. Dan untuk mengenal budi baik dari ajwa ini nabi kemudian memberi nama kurma yang senantiasa beliau makan ketika berbuka puasa ini sebagai kurma ajwa. Bukan hanya nabi, kurma ajwa pun juga dinikmati oleh seluruh sahabat nabi pada saat itu.
Selain berfungsi sebagai makanan, di masa Nabi SAW kurma ajwa juga digunakan sebagai penyembuh penyakit.

Dari Saad bin Abi Waqqash radhiyallahuanhu bahwa Rasulullah SAW bersbda,"Orang yang tiap pagi makan tujuh butir kurma ajwah, pada hari itu tidak akan terkena racun atau pun sihir". (HR. Bukhari dan Muslim)

“Sa’ad berkata,"Aku sakit dan Rasulullah SAW menjengukku. Beliau meletakkan tangannya di antara kedua putingku, sampai-sampai jantungku merasakan sejuknya tangan beliau. Kemudian beliau bersabda,"Kamu menderita penyakit jantung, temuilah Al-Harits bin Kalidah dari Bani Tsaqif, ia seorang tabib. Dan hendaknya dia mengambil tujuh buah kurma ajwah, kemudian ditumbuk beserta biji-bijinya, kemudian kamu minum. (HR. Abu Daud)

Jual Kurma Ajwa Kurma Nabi Asli Original Surabaya Sidoarjo2
Kurma Ajwa Kurma Nabi
  

Manfaat Buah Kurma Menurut Sudut Pandang Medis Modern
Oleh :
Zaki Rakhmawan

Berikut ini akan kami paparkan sebagian dari manfaat dan khasiat kurma ditinjau dari sudut pandang medis modern yang sekaligus menguatkan khabar Al-Qur’an Al-Karim dan As-Sunnah Ash-Shahihah tentang khasiat dan keutamaan kurma.


1. Tamr (kurma kering) berfungsi untuk menguatkan sel-sel usus dan dapat membantu melancarkan saluran kencing karena mengandung serabut-serabut yang bertugas mengontrol laju gerak usus dan menguatkan rahim terutama ketika melahirkan.

Penelitian yang terbaru menyatakan bahwa buah ruthab (kurma basah) mempunyai pengaruh mengontrol laju gerak rahim dan menambah masa systolenya (kontraksi jantung ketika darah dipompa ke pembuluh nadi). Bahkan Allah Subhanahu wa Ta’ala memerintahkan Maryam binti Imran untuk memakan buah kurma ketika akan melahirkan, dikarenakan buah kurma mengenyangkan juga membuat gerakan kontraksi rahim bertambah teratur, sehingga Maryam dengan mudah melahirkan anaknya.[1]

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman yang artinya :

“Dan goyangkanlah pangkal pohon kurma itu kearahmu, niscaya pohon itu akan menggugurkan buah kurma yang masak kepadamu, maka makan, minum dan bersenang hatilah kamu. Jika kamu melihat seorang manusia, maka katakanlah, ‘Sesungguhnya aku telah bernadzar berpuasa untuk Rabb Yang Maha Pemurah, maka aku tidak akan berbicara dengan seorang manusia pun pada hari ini” [Maryam : 25-26]

Al-Hafizh Ibnu Katsir rahimahullah membawakan perkataan ‘Amr bin Maimun di dalam tafsirnya : “Tidak ada sesuatu yang lebih baik bagi perempuan nifas kecuali kurma kering dan kurma basah” [2]

Dokter Muhammad An-Nasimi dalam kitabnya, Ath-Thibb An-Nabawy wal Ilmil Hadits (II/293-294) mengatakan, “Hikmah dari ayat yang mulia ini secara kedokteran adalah, perempuan hamil yang akan melahirkan itu sangat membutuhkan minuman dan makanan yang kaya akan unsur gula, hal ini karena banyaknya kontraksi otot-otot rahim ketika akan mengeluarkan bayi, terlebih lagi apabila hal itu membutuhkan waktu yang lama. Kandungan gula dan vitamin B1 sangat membantu untuk mengontrol laju gerak rahim dan menambah masa sistolenya (kontraksi jantung ketika darah dippompa ke pembuluh nadi). Dan kedua unsur itu banyak terkandung dalam ruthab (kurma basah). Kandungan gula dalam ruthab sangat mudah untuk dicerna dengan cepat oleh tubuh” [3]

Buah kurma matang sangat kaya dengan unsur Kalsium dan besi. Oleh karena itu, sangat dianjurkan bagi perempuan yang sedang hamil dan yang akan melahirkan, bahkan Allah Subhanahu wa Ta’ala memerintahkan kepada Maryam Al-Adzra (perawan) untuk memakannya ketika sedang nifas (setelah melahirkan). Kadar besi dan Kalsium yang dikandung buah kurma matang sangat mencukupi dan penting sekali dalam proses pembentukan air susu ibu. Kadar zat besi dan Kalsium yang dikandung buah kurma dapat menggantikan tenaga ibu yang terkuras saat melahirkan atau menyusui. Zat besi dan Kalsium merpuakan dua unsur efektif dan penting bagi pertumbuhan bayi. Alasannya , dua unsur ini merupakan unsur yang paling berpengaruh dalam pembentukan darah dan tulang sumsum.

2. Ruthab (kurma basah) mencegah terjadi pendarahan bagi perempuan-perempuan ketika melahirkan dan mempercepat proses pengembalian posisi rahim seperti sedia kala sebelum waktu hamil yang berikutnya [4]. Hal ini karena dalam kurma segar terkandung hormon yang menyerupai hormon oxytocine yang dapat membantu proses kalahiran.

Hormon oxytocine adalah hormon yang salah satu fungsinya membantu ketika wanita atau pun hewan betina melahirkan dan menyusui.

3. Memudahkan persalinan dan membantu keselamatan sang ibu dan bayinya. [5]

4. Buah kurma, baik tamr maupun ruthab dapat menenangkan sel-sel saraf melalui pengaruhnya terhadap kelenjar gondok. Oleh karena itu, para dokter menganjurkan untuk memberikan beberapa buah kurma di pagi hari kepada anak-anak dan orang yang lanjut usia, agar kondisi kejiwaannya lebih baik.

5. Buah kurma yang direbus dapat memperlancar saluran kencing.

6. Buah kurma Ajwah dapat digunakan sebagai alat ruqyah dan mencegah dari ganguan jin.

7. Kurma sangat dianjurkan sebagai hidangan untuk berbuka puasa. Ada hal yang sudah ditetapkan dalam bidang kedokteran bahwa gula dan air merupakan zat yang pertama kali dibutuhkan orang berpuasa setelah melalui masa menahan makan dan minum. Berkurangnya glukosa (zat gula) pada tubuh dapat mengakibatkan penyempitan dada dan gangguan pada tulang-tulang. Dilain pihak, berkurangnya air dapat melemahkan dan mengurangi daya tahan tubuh. Hal ini berbeda dengan orang berpuasa yang langsung mengisi perutnya dengan makanan dan minuman ketika berbuka. Padahal ia membutuhkan tiga jam atau lebih agar pencernaannya dapat menyerap zat gula tersebut. Oleh karena itu, orang yang menyantap makanan dan minuman ketika berbuka puasa tetap dapat merasakan fenomena kelemahan dan gangguan-ganguan jasmani akibat kekurang zat gula dan air.

8. Buah kurma dapat mencegah stroke

9. Buah kurma kaya dengan zat garam mineral yang menetralisasi asam, seperti Kalsium dan Potasium. Buah kurma adalah makanan terbaik untuk menetralisasi zat asam yang ada pada perut karena meninggalkan sisa yang mampu menetralisasi asam setelah dikunyah dan dicerna yang timbul akibat mengkonsumsi protein seperti ikan dan telur.

10. Buah kurma mengandung vitamin A yang baik dimana ia dapat memelihara kelembaban dan kejelian mata, menguatkan penglihatan, pertumbuhan tulang, metabolisme lemak, kekebalan terhadap infeksi, kesehatan kulit serta menenangkan sel-sel saraf.

11. Kurma adalah buah, makanan, obat, minuman sekaligus gula-gula. [6]

[Disalin dengan sedikit penyesuaian dari buku Kupas Tuntas Khasiat Kurma Berdasarkan Al-Qur’an Al-Karim, As-Sunnah Ash-Shahihah dan Tinjauan Medis Modern, Penulis Zaki Rahmawan, Pengantar Ustadz Yazid bin Abdul Qadir Jawas, Penerbit Media Tarbiyah – Bogor, Cetakan Pertama, Dzul Hijjah 1426H]
_______
Footnote
[1]. Perkataan Dokter Muhammad Kamal Abdul Aziz dalam kitabnya Al-Ath’imah Al-Qur’aniyyah. Dicantumkan oleh Syaikh Salim bin Ied Al-Hilaly dalam Shahih Ath-Thibb An-Nabawy fi Dhau’il Ma’arif Ath-Thabiyyah wal Ilmiyyah Al-Haditsah (hal. 399), cet. Maktabah Al-Furqaan, th. 1424H
[2]. Tafsir Ibni Katsir (V/168), Tahqiq : Hani Al-Haj, cet. Al-Maktabah At-Tauqifiyah, Mesir.
[3]. Dinukil oleh Syaikh Salim bin Id Al-Hilaly dalam Shahih Ath-Thibb An-Nabawy fi Dhau’il Ma’arif Ath-Thabiyyah wal Ilmiyyah Al-Haditsah (hal. 399), cet. Maktabah Al-Furqaan, th. 1424H
[4]. Catatan kaki yang terdapat dalam Shahih Ath-Thibb An-Nabawy fi Dhau’il Ma’arif Ath-Thabiyyah wal Ilmiyyah Al-Haditsah (hal. 399), cet. Maktabah Al-Furqaan, th. 1424H
[5]. Catatan kaki yang tedapat dalam Shahih Ath-Thibb An-Nabawy fi Dhau’il Ma’arif Ath-Thabiyyah wal Ilmiyyah Al-Haditsah (hal. 399), cet. Maktabah Al-Furqaan, th. 1424H
[6]. Ath-Thibb An-Nabawy (hal. 292) oleh Imam Ibnu Qayyim Al-Jauziyyah, cet. Maktabah Nizaar Musthafa Al-Baaz, th. 1418H.

JATIM
Jual Kurma Ajwa Kurma Nabi Asli Original Surabaya Sidoarjo Surabaya - sidoarjo - Gresik - Lamongan - Jual Kurma Ajwa Kurma Nabi Asli Original Surabaya Sidoarjo Tuban - Malang - Pasuruan - Bangkalan - Jual Kurma Ajwa Kurma Nabi Asli Original Surabaya Sidoarjo Banyuwangi - Blitar - Bojonegoro - Jual Kurma Ajwa Kurma Nabi Asli Original Surabaya Sidoarjo Bondowoso - Jember - Jombang - Kediri - Jual Kurma Ajwa Kurma Nabi Asli Original Surabaya Sidoarjo Lumajang - Madiun - Magetan - Caruban - Jual Kurma Ajwa Kurma Nabi Asli Original Surabaya Sidoarjo Ngawi - Nganjuk - Pacitan - Pamekasan - Jual Kurma Ajwa Kurma Nabi Asli Original Surabaya Sidoarjo Ponorogo - Probolinggo - Sampang - Situbondo - Jual Kurma Ajwa Kurma Nabi Asli Original Surabaya Sidoarjo Sumenep - Trenggalek - Tulung Agung - Jual Kurma Ajwa Kurma Nabi Asli Original Surabaya Sidoarjo Batu , Malang
JATENG
Jual Kurma Ajwa Kurma Nabi Asli Original Surabaya Sidoarjo SOLO-SURAKARTA Banjarnegara - Jual Kurma Ajwa Kurma Nabi Asli Original Surabaya Sidoarjo Banyumas - Batang - Blora - Boyolali - Brebes - Jual Kurma Ajwa Kurma Nabi Asli Original Surabaya Sidoarjo Cilacap - Demak - Grobogan - Jepara - Jual Kurma Ajwa Kurma Nabi Asli Original Surabaya Sidoarjo Karang Anyar -Kebumen - Kendal - Klaten - Jual Kurma Ajwa Kurma Nabi Asli Original Surabaya Sidoarjo Kudus - Magelang - Pati - Pekalongan - Jual Kurma Ajwa Kurma Nabi Asli Original Surabaya Sidoarjo Pemalang - Purbalingga - Purworejo - Jual Kurma Ajwa Kurma Nabi Asli Original Surabaya Sidoarjo Rembang - Semarang - Sragen - Sukoharjo - Jual Kurma Ajwa Kurma Nabi Asli Original Surabaya Sidoarjo Tegal - Temanggung - Wonogiri -Wonosobo
Jual Kurma Ajwa Kurma Nabi Asli Original Surabaya Sidoarjo YOGYAKARTA  - jogja - djogja - yogya - Jual Kurma Ajwa Kurma Nabi Asli Original Surabaya Sidoarjo bantul - gunung kidul - kulon progo - sleman
JABAR
Jual Kurma Ajwa Kurma Nabi Asli Original Surabaya Sidoarjo Bandung - Bekasi - Bogor - Ciamis - Jual Kurma Ajwa Kurma Nabi Asli Original Surabaya Sidoarjo Cianjur - Cirebon - Garut - Indramayu - Jual Kurma Ajwa Kurma Nabi Asli Original Surabaya Sidoarjo Karawang - Kuningan - Majalengka - Jual Kurma Ajwa Kurma Nabi Asli Original Surabaya Sidoarjo Pangandaran - Purwakarta - purwokerto - Jual Kurma Ajwa Kurma Nabi Asli Original Surabaya Sidoarjo Subang - Sukabumi - Sumedang - Tasikmalaya - Jual Kurma Ajwa Kurma Nabi Asli Original Surabaya Sidoarjo Cimahi - Depok - Banjar
Jual Kurma Ajwa Kurma Nabi Asli Original Surabaya Sidoarjo JAKARTA barat kebun jeruk jakarta pusat Jual Kurma Ajwa Kurma Nabi Asli Original Surabaya Sidoarjo Menteng jakarta selatan kebayoran baru Jual Kurma Ajwa Kurma Nabi Asli Original Surabaya Sidoarjo jakarta timur jatinegara jakarta utara koja
BANTEN
Jual Kurma Ajwa Kurma Nabi Asli Original Surabaya Sidoarjo tangerang tigaraksa serang ciruas lebak Jual Kurma Ajwa Kurma Nabi Asli Original Surabaya Sidoarjo rangkasbitung pandeglang serang cilegon Jual Kurma Ajwa Kurma Nabi Asli Original Surabaya Sidoarjo tangerang selatan ciputat
SUMATERA
Jual Kurma Ajwa Kurma Nabi Asli Original Surabaya Sidoarjo Aceh Barat - Meulaboh - Aceh Barat Daya - Blangpidie - Aceh Besar - Kota Jantho -Aceh jaya - Calang - Aceh Selatan - tapak tuan - aceh singkil - tamiang-karang baru -aceh tengah - tekengon- aceh tenggara - kutacane - aceh timur - rayeuk - aceh utara - lhoksukan - bener meriah - simpang tiga redelong - bireuen-gayo lues-blang kejeren - nagan raya - suka makmue - pidie - sigli - pidie jaya - meureudu - simeulue - sinabang - banda aceh - langsa - lhokseumawe - sabang - subulussalam
SUMATERA UTARA
Jual Kurma Ajwa Kurma Nabi Asli Original Surabaya Sidoarjo asahan - kisaran - batubara -limapuluh -dairi -sidikalang -deli serdang -lubuk pakam -humbang hasundutan- dolok sanggul- karo -kabanjahe- labuhanbatu- rantau prapat- labuhanbatu selatan -kota pinang- labuhanbatu utara- aek kanopan -langkat -stabat -mandailing natal -panyabungan- nias gunung sitoli -nias barat- lahomi -nias selatan -teluk dalam- nias utara- lotu -padang lawas -sibuhuan -padang lawas utara -gunung tua -pakpak bharat -salak- samosir- panguruan -serdang bedagai -sei rampah -simalungun -raya -tapanuli selatan -sipirok -tapanuli tengah- pandan -tapanuli utara -tarutung -toba samosir -balige- kota binjai -gunung sitoli -medan -padangsidempuan -pematangsiantar- sibolga- tanjungbalai -tebing tinggi
SUMATERA BARAT
Jual Kurma Ajwa Kurma Nabi Asli Original Surabaya Sidoarjo Agam- Lubuk basung -dharmasraya -pulau punjung -kepulauan mentawai - tuapejat -lima puluh kota -sarilamak -padang pariaman- parit malintang -pasaman- lubuk  sikaping -pasaman barat- simpang empat -pesisir selatan- painan -sijunjung -muaro sijunjung -solok -arosuka -solok selatan- padang aro -tanah datar- batusangkar- bukit tinggi -padang -padangpanjang -pariaman -payukumbuh- sawahlunto -solok
RIAU
Jual Kurma Ajwa Kurma Nabi Asli Original Surabaya Sidoarjo BEngkalis Indragiri Hilir Tembilahan Indragiri hulu rengat kampar bangkinang kuantan singingi taluk kuantan pelalawan pangkalan kerinci rokan hilir ujung tanjung bagan siapi-api rokan hulu pasir pengaraian siak siak sri indrapura kepulauan meranti selat panjang kota dumai pekanbaru
KEPULAUAN RIAU
Jual Kurma Ajwa Kurma Nabi Asli Original Surabaya Sidoarjo bintan bandar seri bentan karimun balai karimun kepulauan anambas terempa lingga daik natuna ranai bunguran timur batam tanjung pinang
JAMBI
Jual Kurma Ajwa Kurma Nabi Asli Original Surabaya Sidoarjo Batanghari muara bulian bungo muara bungo kerinci siulak merangin bangko muaro jambi sengeti sarolangun tanjung jabung barat kuala tungkal tanjung jabung timur muara sabak tebo jambi sungai penuh
BENGKULU
Jual Kurma Ajwa Kurma Nabi Asli Original Surabaya Sidoarjo bengkulu selatan kota manna bengkulu tengah karang tinggi bengkulu utara arga makmur kaur bintuhan kepahiang lebong muara aman mukomuko rejang lebong curup seluma tais kota bengkulu
SUMATERA SELATAN
Jual Kurma Ajwa Kurma Nabi Asli Original Surabaya Sidoarjo banyuasin pangkalan balai empat lawang tebing tinggi lahat muara enim musi banyuasin sekayu musi rawas muara beliti baru ogan ilir indralaya ogan komering ilir kota kayu agung ogan komiring ulu baturaja ogan komering ulu selatan muaradua ogan komering ulu timur martapura lubuklinggau pagar alam palembang prabumulih penukal abab lematang ilir
BANGKA BELITUNG
Jual Kurma Ajwa Kurma Nabi Asli Original Surabaya Sidoarjo bangka sungai liat bangka barat toboali bangka selatan mentok bangka tengah koba belitung tanjung pandan belitung timur manggar pangkal pinang
LAMPUNG
Jual Kurma Ajwa Kurma Nabi Asli Original Surabaya Sidoarjo lampung tengah gunung sugih lampung utara kotabumi lampung selatan kalianda lampung barat liwa tulung bawang menggala tanggamus kota agung way kanan blambangan umpu lampung timur sukadana pesawaran gedong tataan pringsewu mesuji tulang bawang barat tulang bawang tengah pesisir barat krui bandar lampung kota metro
BALI
Jual Kurma Ajwa Kurma Nabi Asli Original Surabaya Sidoarjo Badung Bangli Buleleng Singaraja Gianyar jembrana negara karangasem klungkung tabanan denpasar
NUSA TENGGARA BARAT
Jual Kurma Ajwa Kurma Nabi Asli Original Surabaya Sidoarjo Bima Raba Dompu Lombok Barat Mataram Lombok tengah Praya Lombok timur selong lombok utara tanjung sumbawa sumbawa besar sumbawa barat taliwang
NUSA TENGGARA TIMUR
Jual Kurma Ajwa Kurma Nabi Asli Original Surabaya Sidoarjo Alor Kalabahi Belu Atambua Ende Flores Timur Larantuka Kupang Lembata Lewoleba Manggarai Ruteng Manggarai barat labuan bajo manggarai timur borong ngada bajawa nagekeo mbay rote ndao baa sabu raijua seba sikka maumere sumba barat waikabubak sumba barat daya tambolaka sumba tengah waibakul sumba timur waingapu timor tengah selatan soe timor tengah utara kefamenanu kupang malaka
KALIMANTAN
KALIMANTAN BARAT KALBAR
Jual Kurma Ajwa Kurma Nabi Asli Original Surabaya Sidoarjo Bengkayang Kapuas Hulu putussibau kayong utara sukadana ketapang kubu raya sungai raya landak ngabang  melawi nanga pinoh pontianak mempawah sambas sanggau sekadau sintang pontianak singkawang
KALIMANTAN SELATAN KALSEL
Jual Kurma Ajwa Kurma Nabi Asli Original Surabaya Sidoarjo Balangan paringin banjar martapura barito kuala marabahan hulu sungai selatan kandangan hulu sungai tengah barabai hulu sungai utara amuntai kotabaru tabalong tanjung tanah bumbu batulicin tanah laut pelaihari tapin rantau banjarbaru banjarmasin
KALIMANTAN TENGAH KALTENG
Jual Kurma Ajwa Kurma Nabi Asli Original Surabaya Sidoarjo barito selatan buntok barito timur tamiang layang barito utara muara teweh gunung mas kuala kurun kapuas kuala kapuas katingan kasongan kotawaringin barat pangkalan bun kotawaringin timur sampit lamandau nanga bulik murung raya purukcahu pulang pisau sukamara seruyan kuala pembuang palangkaraya palangka raya
KALIMANTAN TIMUR KALTIM
Jual Kurma Ajwa Kurma Nabi Asli Original Surabaya Sidoarjo Berau tanjungredep kutai barat sendawar kutai kartanegara tenggarong kutai timur sangatta paser tanah grogot penajam paser utara balikpapan bontang samarinda mahakam ulu
KALIMANTAN UTARA KALUT
Jual Kurma Ajwa Kurma Nabi Asli Original Surabaya Sidoarjo Bulungan tanjungselor malinau nunukan tana tidung tideng pale tarakan
GORONTALO
Jual Kurma Ajwa Kurma Nabi Asli Original Surabaya Sidoarjo Boalemo Marisa tilamuta bone bolango suwawa gorontalo utara kwandang pohuwato marisa
SULAWESI SELATAN SULSEL
Jual Kurma Ajwa Kurma Nabi Asli Original Surabaya Sidoarjo Bantaeng barru bone watampone bulukumba enrekang gowa sungguminasa jeneponto kepulauan selayar benteng luwu belopa luwu timur malili luwu utara masamba maros turikale pangkajene pinrang sidenreng rappang pangkajene sidenreng sinjai soppeng watan soppeng takalar pattalassang tana toraja makale toraja utara rantepao wajo sengkang makassar palopo parepare
SULAWESI TENGGARA
Jual Kurma Ajwa Kurma Nabi Asli Original Surabaya Sidoarjo Bombana Rumbia Buton pasarwajo buton utara buranga kolaka kolakautara lasusua konawe unaaha konawe selatan andolo konawe utara wanggudu muna raha wakatobi wangi-wangi bau-bau kendari kolaka timur tirawuta
SULAWESI TENGAH SULTENG
Jual Kurma Ajwa Kurma Nabi Asli Original Surabaya Sidoarjo Banggai luwuk banggai kepulauan buol donggala morowali  bungku parigi moutong poso tojo una una toli toli sigi palu banggai laut
SULAWESI UTARA SULUT
Jual Kurma Ajwa Kurma Nabi Asli Original Surabaya Sidoarjo bolaang mongondow kotamobagu bolaang mongondow selatan bolaang uki bolaang mongondow timur tutuyan bolaang mongondow utara boroko kepulauan sangihe tahuna kepulauan siau tagulandang biaro ondong siaou kepulauan talaud melonguane minahasa tondano minahasa selatan amurang minahasa tenggara ratahan minahasa utara airmadidi bitung kotamobagu manado tomohon
SULAWESI BARAT SULBAR
Jual Kurma Ajwa Kurma Nabi Asli Original Surabaya Sidoarjo Majene mamasa mamuju mamuju utara pasangkayu polewali mandar mamuju tengah
MALUKU
Jual Kurma Ajwa Kurma Nabi Asli Original Surabaya Sidoarjo Buru selatan namlea namrole kepulauan aru dobo maluku barat daya tiakur kecamatan moa lakor maluku tengah masohi maluku tenggara langgur maluku tenggara barat saumlaki seram bagian barat piru seram bagian timur bula ambon tual
MALUKU UTARA
Jual Kurma Ajwa Kurma Nabi Asli Original Surabaya Sidoarjo Halmahera barat jailolo halmahera tengah weda halmahera utara tobelo halmahera selatan labuha kepulauan sula sanana halmahera timur maba pulau morotai morotai selatan ternate tidore kepulauan soasiu pulau taliabu
PAPUA
Jual Kurma Ajwa Kurma Nabi Asli Original Surabaya Sidoarjo Asmat Agats biak numfor biak boven digoel tanah merah deiyai tigi dogiyai kigamani intan jaya sugapa jayapura sentani jayawijaya wamena keerom waris kepulauan yapen serui lanny jaya tiom mamberamo raya burmeso mamberamo tengah kobakma mappi kepi merauke mimika timika nabire nduga kenyam paniai enarotali pegunungan bintang oksibil puncak ilaga puncak jaya kotamulia sarmi supiori sorendiweri tolikara karubaga waropen botawa yahukimo sumohai yalimo elalim jayapura
PAPUA BARAT
Jual Kurma Ajwa Kurma Nabi Asli Original Surabaya Sidoarjo fakfak kaimana manokwari selatan ransiki maybrat kumurkek pegunungan arfak anggi  raja ampat  waisai sorong selatan teminabuan tambrauw fef teluk bintuni teluk wondama rasiei